Ketekunan

Ketekunan

Menurut Paulus, cara kita untuk menunjukkan bahwa kita adalah pelayan Tuhan yang sejati, orang Kristen yang sejati, adalah bahwa kita tabah dan tekun di dalam menghadapi kesukaran yang ada di dalam kehidupan ini. Ibrani 10:35-36, “Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.”

KETEKUNAN adalah kekuatan Pikiran yang memampukan seseorang untuk menghadapi bahaya atau mengalami penderitaan atau kesukaran dengan berani.
2 Korintus 6:4 Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran ( endurance= ketabahan/ketekunan )dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,
Menurut Paulus, cara kita untuk menunjukkan bahwa kita adalah Pelayan Tuhan yang sejati, orang Kristen yang sejati adalah bahwa kita tabah/tekun didalam menghadapi kesukaran yang ada didalam kehidupan ini.
2 Timotius 3:10 Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku ( Never give up)
Karakteristik orang yang akan dipakai Tuhan adalah orang yang tidak pernah menyerah.

Winston Churchil pernah mengatakan “sukses adalah mengalami kegagalan demi kegalan tanpa kehilangan antusiasme.’ Di dalam hidup ini, kalau kita ingin berhasil, kita harus mengatasi kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme! Apa yang harus kita lakukan waktu rasanya hidup kita menyerah, rasanya kita tidak kuat lagi lagi Tuhan ooh Tuhan ? Apa yang harus saudara lakukan?

Kita akan belajar dari akronim ENDURE

E -EMBRACE God’s purpose in your situation (memahami apa Tujuan Tuhan atas situasi Saudara)
Waktu saudara melewati masa sukar, Saudara perlu memahami apa tujuan Tuhan bagi kehidupan saudara melewati masa sukar tsb. Ini adalah titik awalnya. Karena biasanya orang bisa tabah menghadapi tekanan didalam kehidupannya asal mereka tahu kenapa mereka mengalami semua ini. Tetapi kalau dia tidak bisa memahami tujuannya, maka biasanya mereka akan colaps.

1 Petrus 1:7
Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya
Yakobus 1:3-4 sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna (mature = dewasa) dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun
Jadi menurut Alkitab, cara kita bertumbuh menuju kedewasaan, kesempurnaan adalah lewat kesukaran. Cara kita mencapai kedewasaan penuh seperti Kristus adalah waktu kita tekun menjalani ujian iman.

N -NURTURE your spiritual roots (Saudara harus memiliki akar karakter yang kuat)
Mark 4:17 tetapi mereka tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu (terjemahan lain mengatakan: waktu hidup menjadi sukar, waktu Firman Tuhan membawa kesukaran dalam kehidupan mereka ), mereka segera murtad.

Yesus sementara berbicara tentang jenis jenis tanah dan Dia berbicara tentang respon orang yang mendengar Firman Tuhan. Ada orang-orang yang “Tanah Karakternya tipis (The Message)” sehingga Firman Tuhan tidak bisa berakar dalam hidup mereka. Jadi harusnya bagaimana respon kita dalam mendengar Firman?

Luke 18:15 (The Message) Benih yang jatuh ke tanah yang baik adalah orang-orang yang menerima Firman itu dan berpegang kepadanya tidak perduli apa yang terjadi, sampai mereka menerima panenan.

D – DIRECT your attention to Jesus Christ ( Arahkan Pandangan kita kepada Yesus Kristus) Saudara harus fokus terhadap Yesus Kristus
Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Kalau kita melihat Dunia kita menjadi stress dan kalau kita melihat diri kita kita bisa tertekan tetapi kalau kita melihat Yesus kita mendapat kelegaan!
Ibrani 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

U – USE your experience to help others ( jadikan pengalamanmu untuk menolong orang lain)
2 Korintus 1:6 Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.
Jadi kalau saudara menghadapai kesesakan, kesulitan kabar baiknya Tuhan akan memberikan jalan keluar dan pengalaman kitalah yang akan menolong orang lain dalam mengalami kesulitan, kesukaran
2 Timotius 2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal. ( Terjemahan lain ” aku rela untuk mengalami segala sesuatu asalkan hal itu membawa keselamatan bagi orang lain dan membawa kemuliaan Yesus Kristus)

Tuhan bisa memakai semua pengalaman kita -baik ataupun buruk- untuk menjadi berkat bagi orang lain, karea segala perkara turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia!

R – RELY on God’s power ( bergantung pada kekuatan Tuhan )
Jangan bergantung pada kekuatan manusia tetapi bergantunglah kepada kekuatan Tuhan, Kekuatan kita terbatas tetapi kuasa Tuhan tidak terbatas
Kolose 1:11 dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar
Roma 12:12 (The Message) “Don’t quit in hard times; pray all the harder.” Jangan menyerah kalau engkau menghadapi keadaan yang berat tetapi berdoalah lebih keras lagi

E – EXPECT God to bless you (harapkan Tuhan untuk memberkati Saudara)
Yakobus 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
Bukan langkah pertama yang menentukan tetapi langkah terakhirlah yang paling menentukan kalau saudara tekun,tabah ENDURE maka saudara akan menerima mahkota. Dari pengalaman yang dialami Ayub kita lihat, dia boleh saja kehilangan segala sesuatu . Tetapi di akhir kisah, dia mendapatkan kembali 2x lipat dari yang pernah dia miliki!

Ibrani 10:35 Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya.
Yakobus 5:11 Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan. (NLT = the Lord’s plan finally ended in goodrencana Tuhan akhirnya rencana kebaikan ),

Jadi saudara apa yang perlu kita lakukan di masa sukar?

E – EMBRACE God’s purpose in your situation (memahami apa Tujuan Tuhan atas situasi Saudara)
N -NURTURE your spiritual roots? (Saudara harus memiliki akar karakter yang kuat)
D – DIRECT your attention to Jesus Christ (Arahkan pandanganmu kepada Yesus Kristus)
U – USE your experience to help others (gunakan pengalamanmu untuk menolong orang lain)
R – RELY on God’s power (bergantunglah kepada kekuatan Tuhan)
E – EXPECT God to bless you(harapkan Tuhan memberikan terobosan kepada Saudara)

Ketabahan atau ketekunan adalah bahwa bukti kita adalah orang kristen
Ibrani 10:36 kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Sumber : Daniel P. Martono | Ketekunan, Sumber : Jawaban.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *